Peresmian Pasar Mihrab Tani Tugu Selatan menjadi solusi Untuk warga atas Keramaian Pasar Sekitar

Peresmian Pasar Mihrab Tani Tugu Selatan menjadi solusi Untuk warga atas Keramaian Pasar Sekitar
foto istimewa

Jakarta, JNews

Pasar Mihrab Tani yang terletak di Jl. Melati RT 07/07, Kelurahan Tugu Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara resmi di launching, Sabtu (29/10). Peresmian pasar diawali dengan pemotongan pita oleh Lurah Tugu Selatan Sukarmin didampingi Ketua RW 07 Suaib.

Sukarmin mengatakan, keberadaan Pasar Mihrab Tani dapat mempermudah masyarakat sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari lantaran lokasi yang strategis. Selain itu berfungsi untuk memecah keramaian pasar.

"Pasar ini dapat memecah keramaian pasar yang ramai dan masyarakat lebih dekat karena letaknya yang berada di pemukiman warga. Kemudian sayurannya juga lebih fresh," terang Lurah Tugu Selatan.

Sukarmin berharap, wilayah RW lainnya dapat mencontoh yang dilakukan Ketua RW 07 untuk menyediakan pasar-pasar diwilayahnya.  "Informasi dari Ketua RW 07 bahwa pasar mihrab tani harga sayuran lebih bersaing lantaran langsung bekerjasama dengan para petani dan ini bisa dicontoh oleh RW lainnya," harapnya.

Sementara itu, Ketua RW 07 Tugu Selatan Suaib menjelaskan, pembangunan pasar Mihrab Tani dimulai sejak tahun 2018 lalu dan dilaunching pada hari ini. Sedangkan sayuran serta lainya didatangkan langsung dari petani sehingga mutu dan harga lebih terjamin.

"Kami bekerjasama dengan Mihrab Tani Indonesia dan pasar ini bertujuan untuk upaya memberikan peluang bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan sehingga dapat menambah ekonomi masyarakat sekitar," terangnya.

Selain itu, kata Suaib, keberadaan Pasar Mihrab Tani bertujuan juga untuk meningkatkan penghasilan petani lantaran langsung didistribusikan kepada pembeli. Lantaran dibeli langsung dari petani harga yang dijual di pasar ini pun terbilang lebih terjangkau.

"Untuk kios sendiri saat ini terdapat 20 kios dan rencananya nanti menyesuaikan dengan kebutuhan warga dan diharapkan keberadaan pasar dapat bermanfaat bagi penjual dan pembeli yang merupakan warga sekitar RW 07 ini," tandasnya.

(Necco)